Senin, 12 November 2012

IMAKOM (Cara Membuat Website Yang Mudah dan Baik)


Bagaimana cara membuat website yang baik?

1.Jangan membuat website yang “terlalu berat”.
  Mayoritas pengunjung website di Indonesia adalah pengguna internet dengan kecepatan standar bahkan rendah. Jadi buatlah website yang “ringan” & bisa cepat di akses (fast loading time).

2.Halaman website singkat padat dan informatif.
Sajikan halaman website yang singkat, padat dan informatif kepada pengunjung. Kurangi penggunaan kata yang terkesan basa-basi dalam website anda karena akan semakin cepat isi dari website anda dimengerti oleh pengunjung, pada dasarnya pengunjung tidak suka hal yang bertele-tele.

3.Jaga image tetap kecil
image yang besar umumnya sangat mengganggu. jika image tersebut butuh waktu lama untuk muncul, maka jarang orang akan menunggu untuk melihat image tersebut tampil secara penuh.

4.Gunakan warna basic web (web-colors)
Penggunaan palet warna yang browser-safe (aman digunakan oleh berbagai macam browser) akan membuat pengunjung melihat warna dan image pada website anda sesuai dengan yang anda inginkan.

5.Hindari teks yang terlalu banyak
Biasanya jika pengunjung menemukan halaman website yang penuh dengan tulisan, dia akan malas untuk membacanya, bahkan malas untuk mengunjunginya lagi.

6.Cek ejaan anda
terkadang ejaan yang tidak tepat dapat mengganggu kenyamanan pengunjung. Gunakan spell checker pada postingan/konten anda.

7.Jaga link website anda
Selalu cek link-link yang terdapat pada website anda, apakah masih valid. agar pengunjung tidak kecewa ketika dia mengklik-nya.

8.Beri keterangan link anda
Dengan memberikan keterangan pada link anda, pengunjung akan merasa lebih nyaman untuk mengklik link tersebut.

9.Tampilkan informasi kontak pada halaman web anda.
Web itu interaktif dan dinamis, beri fasilitas komentar, agar terjadi komunikasi antara anda dengan pengunjung, dengan begitu pengunjung dapat memberikan masukan terhadap website anda jika ada broken link atau problem lainnya.

10. Isi informatif dan up to date
Setiap pengunjung web selalu bertujuan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Jika mereka puas karena telah memperoleh informasi yang dicari pada sebuah web, pengunjung akan betah berlama-lama pada web tersebut. Kemungkinan besar mereka akan kembali membuka website itu di kemudian hari. Tapi, jika website anda tidak up to date maka bersiaplah kehilangan pengunjung.

11. Tampilan/design yang menarik (attractive)
Bukan rahasia lagi, secara psikologis pengguna internet menyukai tampilan web yang menarik. Oleh karena itu banyak perusahaan maupun perorangan yang ingin memiliki web rela membayar mahal web designer untuk memiliki tampilan web yang indah. Biasanya tampilan web menggunakan Photoshop atau flash. Photoshop digunakan untuk membuat tampilan image yang menarik dan flash digunakan untuk membuat animasi sehingga website anda terlihat hidup.

12. Hilangkan halaman perantara
Beberapa web/blog biasanya memasang halaman antara berupa splash screen atau welcome screen maupun halaman khusus yang terdapat tulisan “click here to enter site“. Mungkin pemilik web/ blogger mengira halaman antara itu akan membuat websitenya lebih menarik. Yang ada bukannya membuat website menarik, pengunjung malah kesal lantaran merasa dipersulit untuk dapat langsung mengakses halaman inti website. Jika ada yang terlanjur memasangnya, saya sarankan untuk menghapusnya segera.

13. Mudah diakses / Loading cepat
Meski konten bagus dan desain menawan, tapi jika pengunjung cukup lama membukanya, maka pengunjung akan meninggalkan website anda. Kadang-kadang web designer gak peduli seberapa besar bandwith layanan hosting yang dimilikinya, sehingga mereka akan semaunya saja dalam men-desain tampilan website/blog. Tampilan bagus sich perlu dan boleh-boleh saja, tapi kalau lemooot [kayak punya saya ini Description: :cry:], ya percuma kan.

14. Sistem navigasi yang mudah dan friendly
Pernah buka website yang membingungkan karena informasi yang Anda cari tak kunjung ketemu? [Seperti blog yang penuh dengan iklan disana-sini bahkan iklan-iklan tersebut hampir menyatu dengan menu navigasi]. Itulah website yang buruk. Website yang baik memiliki struktur menu yang memudahkan pengunjung memperoleh informasi yang di perlukan. Jika ada menu search, pastikan berfungsi secara optimal. Menu “home” atau “beranda” wajib ada agar pengunjung dapat kembali ke halaman utama secara cepat.

15. Tautan yang jelas
Saya pernah baca ada tautan pada running teks yang kurang lebih tertulis “pengumuman no.x” tidak dijelaskan pengumuman itu tantang apa dan untuk siapa. Dalam dunia per-website-an atau per-blog-an, kemampuan sebuah link untuk menarik perhatian pengunjung memiliki toleransi dalam hitungan detik. Jadi, kalau ada orang “iseng” mengklik tautan yang ga jelas seperti itu, berarti dia orang yang beruntung kalo isinya berupa lowongan pekerjaan atau bagi-bagi hadiah. Perlu diingat, tidak semua orang memiliki waktu untuk iseng, barangkali hanya sebagian kecil saja, hehehe.

16. Mudah diindeks oleh Mbah Google atau search engine lainnya
Semakin tinggi peringkat sebuah web/blog pada google page rank [10/10], maka peluang web/blog Anda untuk terkenal semakin besar. Nah, agar website anda mudah diindeks google maka gunakan teknik search engine optimization (SEO). Mengenai teknik SEO silakan tanya sama Mbah Google atau tanyakan langsung kepada para ahlinya [Hmmm, menurut hemat saya, sobat pasti jauh lebih ahl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar